Rabu, 28 November 2012

TUGAS PROPOSAL METODE RISET


BAB V
PENUTUP


5.1        Kesimpulan

             Masalah yang menjadi dasar penelitian ini adalah adanya penurunan penjualan sepeda motor Honda dalam kurun waktu 2005-2008.penurunan penjualan ini menunjukan adanya penurunana keputusan pembelian konsumen pada pihak sepeda motor Honda.Honda yang sampai tahun 2008 dapat memimpin pangsa pasar industri sepeda motor di Indonesia mendapat persaingan yang ketat oleh para kompetitornya, bahkan rentang penguasaan pasar sepeda motor honda dengan pesaingnya, terutama Yamaha, semakin mengecil penurunana penjualan sepeda motor Honda yang secara bertahap ini dapat meruntuhkan dominasi Honda sebagai market leader.tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh motivasi konsumen, persepsi kualitas dan sikap konsume terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda.
             Berdasarkan hasil dan pembahasanya yang telah dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Variabel motivasi konsumen memilki pengaruh paling besar terhadap keputusan pembelian oleh konsumen diantara variabel bebas lainya yang diteliti yaitu sebesar 0,403.kemudian pengaruh terbesar lainya adalah variabel sikap konsumen sebesar 0,283 dan variabel persepsi kualitas sebesar 0,228.
2. Hipotesis pertama yang menyatakan bahwa motivasi konsumen berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda di Kota Semarang terbukti kebenaranya.hal ini berarti motivasi konsumen merupakan salah satu faktor yang dapat mendorong konsumen untuk melakukan pembelian produk sepeda motor honda.pengaruh positif ini nampak pada sebagian besar pernyataan konsumen sepeda motor Honda yang menyatakan bahwa motor Honda tidak cepat rusak atau awet. bahan bakar irit, kualitas suku cadangnya terjamin dan purna jualnya tinggi.
3. Hipotesis kedua yang menyatakan bahwa persepsi kualitas konsumen berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian motor Honda di Kota Semarang terbukti kebenaranya.hal ini berarti persepsi kualitas merupakan salah satu faktor yang dapat mendorong konsumen untuk melakukan pembelian produk sepeda motor honda.konsumen percaya bahwa berdasarkan evaluasi mereka terhadap kualitas akan dapat membantu dalam mempertimbangkan produk mana yang akan mereka beli.pengaruh positif ini nampak pada sebagian besar pernyataan konsumen sepeda motor Honda karena menurutr mereka Honda memilki kualitas yang unggul baik dari segi model, desain, dan suku cadang.
4. Hipotesis ketiga yang menyatakan bahwa sikap konsumen berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda di Kota Semarang terbukti kebenranya.hal ini berarti sikap konsumen merupakan salah satu faktor yang dapat mendorong konsumen untuk melakukan pembelian produk sepeda motor Honda.pengaruh positif ini nampak pada sebagian besar pernyataan konsumen sepeda motor yang menyatakan bahwa model dan varian sepeda motor Honda hampir semuanya dapat diterima dengan baikoleh masyarakat, warna dan striiping yang sesuai dengan selera konsumen, dan penggunaan bahan bakar yang irit.
5. Variasi keputusan pembelian dijelaskan oleh variabel motivasi konsumen persepsi kualitas, dan sikap konsumen sebesar 61.4% sedangkan sisanya 38,6% dijelaskan oleh variabel-variabel atau aspek-aspek lain diluar model.

5.2         Keterbatasan

              Penelitian ini juga masih memilki keterbatasan-keterbatasan, dengan keterbatasan ini diharapkan dapat dijelaskan untuk melakukan penelitian pada penelitian mendatang.Adaupun keterbatasan penelitian ini adalah:
1. Dalam proses pengambilan data primer, penelitian ini menggunakan kuesioner yang ditujukan kepada responden yang menanyakan pendapatnya tentang suatu permasalahan.dalam menjawab aspek-aspek yang ditanyakan responden tidak terlepas dari subjektivitas dalam meberikan informasi yang menjadikan informasi yang didapatkan kurang detail.
2. Keterbatasan lain dalam penelitian ini adalah pada nilai koefisien determinasi Nilai Adjisted R square penelitianj ini adalah 0,614 yang berarti bahwa variabel-variabel yang diajukan dalam penelitian ini hanya mampu menjelaskan variasi keputusan pembelian sebesar 61,4%.hal ini memberi peluang sebesar 38,6 pada variabel-variabel atau aspek-aspek lain diluar model penelitian untuk menjelaskan variasi keputusan pembelian.
3. Dalam pengambilan sampel, lokasi penelitian tidak tersebar secara merat di seluruh Kota Semarang.hal ini karena pengambilan sampel dilakukan pada saat peneliti bertemu dengan konsumen sepeda motor honda.sehingga wilayah penelitian hanya berkisar dengan wilayah yang diketahui peneliti.

5.3         Saran

              Saran praktis dimunculkan berdasarkan teori-teori yangtelah dibangun dan didasrkan pada hasil penelitian yang diperoleh.hasil pengujian analisis dalam penelitian ini dapat digunakan sebagai sumber tanbahan referensi bagi penelitian selanjutnya dan informasi bagi penyusunan rencana strategi pemasaran sepeda motor Honda di Indonesia.

5.3.1      Saran Penelitian yang akan Datang

              Saran-saran yang dapat diajukan untuk penelitian yang akan datang antara lain meliputi:
1. Penelitian yang akan datang dirasakan untuk menambah variabel-variabel baru yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda seperti : Program promosi, Citra merek, Nama merek, dan Brand Awereness sehingga memberikan nilai indeks yang lebih luas tentang masalah penelitian yang sedang diteliti.
2. Penelitian mendatang dalam pengambilan sampel dan daerah yang digunakan untuk menyebarkan kuesioner hendaknya menggunakan objek lokasi penelitian yang lebih luas dan merata di seluruh Kota Semarang sehingga wilayah penelitian tidak hanya berkisar dengan wilayah yang diketahui peneliti.
3. Pengisian kuesioner harus benar-benar dipantau agar tidak ada jawaban yang kosong dan tidak terjadi kesalahan pengisian serta yang lebih utama adalah pembuatan butir-butir pertanyaan harus benae-benar diperhatikan agar tidak terjadi kebingunan responden dalam mengsisi dan jawaban yang dihasilkan dapat merepresentasikan hal-hal yang ditanyakan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar