Senin, 05 November 2012

TUGAS PERILAKU KONSUMEN(SEGMENTASI PASAR)

NAMA                : ACHMAD ROMADHONI
KELAS                : 3EA17
NPM                    :10210090
MATKUL            : PERILAKU KONSUMEN



  • 1. Definisi Segmentasi Pasar
Segmentasi pasar dapat didefinisikan sebagai proses membagi pasar menjadi irisan-irisan konsumen yang khas mempunyai kebutuhan atau sifat yang sama dan kemudian satu atau lebih segmen yang akan dijadikan sasaran bauran pemasaran yang berbeda.
Segmentasi pasar merupakan langkah pertama dalam strategi pemasaran tiga tahap, strategi penasaran tiga tahap yaitu:
1. Membagi pasar ke dalam kelompok-kelompok yang homogen.
2. Memilih satu segmen atau lebih yang dijadikan target.pemasar harus mengambil keputusan atas dasar bauran pemasaran yang khusus yaitu produk, harga, saluran, dan atau daya tarik promosi khusus untuk setiap segmen yang berbeda.
3. Menentukan product positioning (posisi produk) sehingga dirasakan oleh para konsumen di setiap segmen yang dibidik sebagai produk yang memberikan kepuasan lebih baik daripada berbagai penawaran bersaing lainya.

Kepuasan Konsumen adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang berasal dari perbandingan antara kesanya terhadap kinerja (hasil) suatu produk dengan harapanya.
Kepuasan konsumen terbagi menjadi 2 yaitu:
a.Kepuasan Fungsional, merupakan kepuasan yang diperoleh dari fungsi atau pemakaian suatu produk.misalnya karena makan perut kita akan menjadi kenyang.
b.Kepuasan Psikologikal, merupakan kepuasan yang diperoleh dari atribut yang bersifat tidak berwujud.Misalnya perasaan bangga karena mendapatkan pelayanan.

  • 2. Segmentasi dan Profitabilitas

Dalam segmentasi pasar profitabilitas penting karena penempatan produk guna mendapatkan keunggulan bersaing.dalam memilih strategi penempatan produk (positioning) harus mengidentifikasikan keunggulan bersaing yang mungkin, memilih keunggulan pesaing yang tepat dan mengkominikasikan dan menyampaikan posisi yang telah dipilih.
1.Tingkatkan efisiensi proses produksi
proses produksi yang efisien akan menghasilkan penghematan semaikin berhemat, semaikn rendah pula biaya produksi.dengan semakin rendahnya biaya produksi maka margin keuntungan juga semakin tinggi.
2.Fokus pada "Core Business"
apakah anda sudah mengetahui apa sebenarnya core business dimana anda harus memfokuskan waktu energi dan pikiran, jika anda melenceng pada hal-hal yang tidak penting, maka yang anda lakukan adalah pemborosan sumberdaya yang sangat berharga yaitu waktu anda.
3.Berdayakan Orang-orang yang berdedikasi melalui kepemimpinan
Manusia adalah sumberdaya terpenting dalam organisasi, semaikin tinggi tingkat penghargaan anda pada aspek manusia, semaikn tinggi pula tingkat kemampuan untuk menciptakan keberhasilan organisasi.dengan menrapkan prinsip-prinsip kepemimipinan yang efektif.
4.Pertajam Kecerdasan Organisasi
Semaikn cerdas organisasi semaikn tinggi pula kemampuan organisasi anda dalam menavigasikan diri anda ke arah masa depan yang lebih baik.
5.Kompensasi yang sesuai
Manusia ingin dihargai, jika anda membayar lebih rendah dibandingkan kemampuan dan usaha yang sudah mereka berikan bagi organisasi anda, mereka akan merasa dirugikan.jika mereka merasa dirugikan, maka sebaiknya anda jangan berharap mereka akan memberikan yang terbaik bagi organisasi anda.


  • 3. Penggunaan Segmentasi dalam strategi Pemasaran

Agar segmen pasar dapat bermanfaat maka harus memenuhi beberapa karakteristik:
a.Measurable    : Ukuran daya beli, dan profil segmen harus dapat diukur meskipun ada beberapa variabel yang sulit diukur.
b.Accessible     : Segmen pasar harus dapat dijangkau dan dilayani secara efektif.
c.Substansial     : Segmen pasar harus cukup besar dan menguntungkan untuk dilayani.
d.Differentiable  : Segmen-segmen dapat dipisahkan secara konseptual dan memberikan tanggapan yang berbeda.
e.Actionable      : Program yang efektif dapat dibuat untuk menarik dan melayani segmen-segmen yang bersangkutan.

SUMBER :
http://www.scribd.com/doc/86724396/Bab-IV-Segmentasi-Pasar


Tidak ada komentar:

Posting Komentar