Sabtu, 20 Oktober 2012

LATAR BELAKANG ANALISIS JURNAL

METODE RISET       : METODE RISET


NAMA                     : ACHMAD ROMADHONI
KELAS                    : 3EA17
NPM                        :10210090


BAB 1 
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang Masalah
Sekarang ini persaingan di dunia otomotif semakin ketat, khususnya persaingan sepeda motor.Fakta memperlihatkan penjualan sepeda motor terus meningkat.kondisi ini membuat produsen semakin meningkatkan inovasi dengan meluncurkan produk-produk baru untuk meningkatkan penguasaan pasar.Sepeda motor adalah sarana transportasi roda dua yang menjadi primadona para pengguna jalan khususnya di indonesia,hal ini bukan karena sepeda motor irit bahan bakar, tetapi juga cocok untuk kondisi jalanan yang relatif bertambah.dengan sepeda motor moblitas masyarakat tinggi mereka bisa pergi kemana saja tanpa khawatir terjebak kemacetan dan tanpa perlu mengeluarkan uang untuk tarif angkutan umum yang semakin tinggi.Disisi lain pihak lembaga keuangan pun tidak segan untuk mengucurkan kredit penjualan sepeda motor.untuk dapat memilki speda motor konsumen tidak perlu mengeluarkan dana besar cukup membayar DP kira-kira dibawah Rp.1.000.000 dan cicilan kira-kra Rp. 400.000 maka dalam waktu tiga tahun sepeda motor sudah menjadi milik sendiri.Diantara produk sepeda motor jenis bebek 4 langkah dengan kapsitas 100-110 cc merupakan produk yang digemari konsumen hal ini karena disampingbahan bakarnya irit dengan kemajuan tekhnologi yang ada sepeda motor jenis ini memiliki kemampuan yang tidak kalah dibandingkan jenis lainya (bebek 2langkah 100-110 cc).adanya persaingan yang ketat diantara merek-merek sepeda motor tersebut memiliki strategi pemasaran yang tepat dalam menghadapi pesaing-pesaingnya.strategi pemasaran dapat ditentukan setelah produsen mengetahui segmen dan posisi sepeda motor yang diproduksinya.

1.2 Rumusan Masalah&Tujuan
Mengetengahkan persaingan produk sepda motor bebek 4 langkah 100-110 cc berdasarkan segmen pasar dan posisi produk.
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan segmen pasar,preferensi konsumen,peta posisi produk serta mengusulkan strategi pemasaran produk sepeda motor.

1.3 Metodologi Penelitian
Didalam melakukan penelitian, dilakukan pembatsan-pembatasan sebagai berikut:
a.Objek penelitian adalah produk sepeda motor jenis bebek 4 langkah,dengan kapasitas antara 100-110 cc
b.Merek-merek sepeda motor yang diperbandingkan adalah merek-merek yang sudah dikenal luas oleh masyarakat produksi jepang dan cina.
c.Konsumen yang dilibatkan sebagai responden dapat membedakan yang satu dengan yang lainya berdasarkan variabel-variabel yang telah diidentifikasikan.
d.Pembahsan lebih ditekankan pada identifikasi langkah-langkah yang diambil dalam memposisikan produk,melakukan segmentasi berdasarkan orientasi manfaat dan melakukan interprestasi atas hasil penelitian yang diperoleh.
Sebagai langkah awal penelitian dilakukan penelitian pendahuluan yang meliputi:
a.Penelitian populasi awal untuk menentukan metode sampling dan sample yang akan dipilih untuk penelitian lebih lanjut.
b.Identifikasi variabel ragam meliputi basis segmentasi dan variabel deskriptor segmen.basis segmentasi yang dipilih adalah benefit yang dicari konsumen dalam pemilihan produk speda motor.
c.Identifikasi penelitian yang dilakukan berdasarkan salah satu pengembangan metode probability sampling atau sering disebut cluster sampling.sampel dipilih secara acak dari berbagai profesi yang dimilki oleh masyarakat,meliputi pelajar,mahasiswa,pegawai negeri,wiraswasta, pegawai swasta,ibu rumah tangga,pencari kerja, dan lain-lain.
Data yang diperlukan pada penelitian ini dikumpulkan melalui kuisioner meliputi data demografis dan psikografis responden, data ranking atribut sepeda motor dan data atribut dari sepea motor tertentu.data-dat tersebut diolah sebagai tahapan sebagai berikut:
a).uji statistik meliputi:
1.Uji kecukupan data, dengan menggunakan rumus bernouli.
2.Uji normalitas data, dilakukan dengan bantuan program bantuan komputer MINITAB.
3.Uji Realibilitas, dilakukan dengan bantuan program SPSS.pengujian dilakukan terhadap data input peta posisi produk dan arah vektor tersebut.
4.Uji Validitas, dilakukan dengan menggunakan uji korelasi bivariat kendall.dilakukan dengan bantuan program komputer SPSS.
b).Pengolahan data
setelah data diuji secara statistik,selanjtunya dilakukan pengolahan data sebagai berikut:
1.Identifikasi Segmentasi
Segmentasi disusun beradasarkan prioritas benefit dari masing masing konsumen.Data yang digunakan dalam segmen ini adalah data ranking atribut sepeda motor.
2.Identifikasi Struktur Benefit Tiap Segmen
Pada pengolahan data ini skala prioritas atribut untuk masing-masing produk dari tiap segmen ditransformasikan keskala interval.
3.Penyusunan Deskriptor Tiap Segmen
Pada pengolahan data ini dihasilkan deskriptor yang menerangkan karakter konsumen secara umum bagi masing-masing segmen.
4.Perhitungan Pemetaan Posisi Produk
Data raking atribut tiap-tiap merek diguanakan sebagai dasar penentuan pemetaan posisi produkprogram komputer yang digunakan adalah SPSS denga analisis skala multidimensional non metrik.
5.Perhitungan arah Vektor Atribut
pada langkah terakhir pengolahan data ditentukan vektor preferensi untuk masimg-masing atribut.program yang digunakan adalah regresi linear dari SPSS.



BAB 2
HASIL DAN PEMBAHASAN


2.1 Dari 8 merek sepeda motor yang diajukan pada kuisioner pendahuluan,lima merek sepeda motor dipilih oleh sebagian besar responden (>50%), yaitu Honda (Supra X), Yamaha (Vega), Suzuki (Shogun Cakram), Jialing (Safari JL 100), dan Kawasaki (Kaze).sedangkan atribut yang dipilih oleh sebagian besar responden (>60%) adalah: harga produk baru, ketersediaan dan harga suku cadang, harga jual produk setelah dipakai, konsumsi bahan bakar, dan model.Kuesioner selanjutnya mengarah ke segmentasi dan positioning produk, yang telah dipilih responden.terdapat 140 kuesioner yang disebarkan terhadap segmen konsumen secara proporsional.Dari kuesiner yang disebarkan, sebanyak 120 diantaranya dinyatakan sah (88%),dan 16 kuesioner tidak sah (12%).dengan tingkat kepercayaan 95% dan tingkat keyakinan 5% maka jumlah sampel minimum yang harus diambil (n) adalah sebanyak 83 lembar.dengan demikian jumlah sampel dinyatakan mencukupi.Uji Normalitas dengan program MINITAB menghasilkan nilai koefisien R yang lebih besar dari 0,8 (R>0,8). ini berarti data-dat tersebut terdistribusi secara normal, karena nilai koefisien R mendekati 1,0 Uji realibilitas menyatakan bahwa koefisien realibilitas a= 0,9739 atau kehandalan data yang diberikan responden sebesar 96,65%.ini berarti terdapat konsisitensi yang baik dari hasil pengukuran yanf bersangkutan.sedangkan uji validitas dengan program SPSS menghasilkan koefisien korelasi kendall yanglebih besar dar 0,4 ini berarti bahwa hubungan yang terjadi antar variabel yang diuji cukup kuat.



BAB 3
KESIMPULAN DAN REKOMENDASI


3.1 Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi produsen sepeda motor, namun demikian sangat disadari bahwa terdapat beberapa keterbatasan pada penelitian ini.Oleh karena itu diusulkan beberapa saran untuk pengembangan penelitian selanjutnya sebagai berikut:
a.Pada penelitian ini responden yang dilibatkan masih dalam skala propinsi, untik penelitian selanjutnya perlu dilakukan pada skal yang lebih besar misalnya dalam skala nasional
b.Pada penelitian ini merek-merek yang diteliti masih terbatas, untuk penelitian selanjtunya perlu diteliti merek-merek lain( terutama dengan semakin banyaknya merek-merek tertentu motor bebek 4 langkah 100-110 cc dari cina).
c.Atribut-atribut yang diteliti pda penelitian ini masih terbatas, untuk penelitian selanjutnya perlu ditelitei atribut-atribut lain yang dapat digunakan untuk mensegmentasikan pasar agar diperoleh pemahaman struktur segmen yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar