Sabtu, 20 Oktober 2012

ANALISIS JURNAL(KEDUA)

METODE RISET             : ANALISIS JURNAL


NAMA                             : ACHMAD ROMADHONI
KELAS                            : 3EA17
NPM                                : 10210090


Analisis Jurnal Tema :
"ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EFEKTIVITAS PRODUK SEPEDA MOTOR YAMAHA.DI MAKASSAR

Penyusun                     : MUH.AGUNG RIANTO SAID

Tahun Pembuatan        : 2012

Latar Belakang

Fenomena industri kendaraan roda dua di indonesia dewasa ini memperlihatkan ternd peningkatan yang sangat positif, hal tersebut juga dipengaruhi oleh adanya faktor budaya dan peraturan tentang UUD lalu lintas yang tidak membatasi penggunaan roda dua di indonesia.Hal senada juga dapat dilihat dari tingkat pertumbuhan di kota besar yang semakin pesat yang mengarah pada semakin padatnya arus transportasi didalam kota.meskipn dari segi safety atau keamanan kendaraan roda dua jauh dibawah kendaraan roda empat tentang masalah keamanan, namun karena alasan perbedaan harga, efisiensi,budaya dan peraturan lalu lintas yang menyebabkan ledakan jumlah pertumbuhan kendaraan roda dua di indonesia sangat mencolok dibandingkan roda empat.

Hasil dan Pembahasan

Berdasarkan hasil analisis menunjukan bahwa variabel yang mempunyai pengaruh terbesar terhadap efektivitas iklan adalah kualitas pesan iklan.Hipotesis pertama dalam penelitian ini adalah semakin baik kualitas pesan suatu iklan, maka semakin tinggi efektivitas iklan tersebut.Berdasarkan hasil analisis regresi dan uji dapat diketahui bahwa kualitas pesan iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas iklan.Hal ini berarti kualitas pesan iklan yang baik akan meningkatkan efektivitas suatu iklan, sehingga hipotesis pertama diterima serta mendukung penelitian yang dilakukan oleh nurrohman (2009) yang menyatakan bahwa kualitas pesan berpengaruh positif terhadap efektivitas iklan.Seperti halnya iklan pada media baleho pada penelitian tersebut, hasil ini menunjukan kualitas pesan iklan juga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi efektivitas iklan melalui media televisi.pesan iklan yanaha yang disampaikan dengan baik, jelas serta memberikan informasi secara tepat akan dapat mempengaruhi mindset pemirsanya.pemirsa akan terpengaruh oleh pesan yang disampaikan setelah melihat iklan tersebut sehinnga dapat membujuk pemirsa untuk menjadi konsumen dari produk yamaha.
Daya tarik yang ditampilkan dalam suatu iklan akan menarik pemirsa untuk selalu melihat iklan tersebut dan akan selalu mengingatnya.Daya tarik iklan seperti penggunaan endorser yang cocok dan menarik akan membuat khalayak ingin mengikuti trend seperti yang dipakai oleh endorser tersebut, sehingga mendorong pemirsa untuk melakukan pembelian produk.Hal ini dapat menjelaskan bahwa iklan yang ditampilkan efektif.
Berdasarkan hasil regresi linier berganda menunjukan bahwa variabel yang memiliki pengaruh terbesar terhadap efektivitas iklan adalah variabel kualitas pesan iklan dengan koefisien sebesar 0,372, selanjtnya variabel kedua adalah daya tarik iklan dengan koefisien variabel sebesar 0,265.dan efektivitas iklan dipengaruhi variabel kualitas pesan iklan diperoleh koefisien variabel sebesar 0,372 yang menunjukan pengaruh positif dan signifikan sebesar 0,000 dengan demikian dapat dijelaskan bahwa responden menilai kualitas pesan yang disampaikan dalam iklan yamaha baik.hal ini menunujukan bahwa kualitas pesan merupakan salah satu faktor yang menentukan efektivitas iklan sepeda motor yamaha.dengan kata lain, pesan iklan yang semakin baik dan berkualitas akan meningkatkan efektivitas iklan sepeda motor yamaha.dan efektovitas iklan dipengaruhi variabel daya tarik iklan dengan diperoleh koefisien variabel sebesar 0,357 yang menujukan pengaruh positif dan signifikan sebesar 0,000.dengan demikian dapat dijelaskan responden menilai iklan yamaha baik.
Hal ini menunujukan bahwa daya tarik iklan merupakan salah satu faktor yang menentukan efektivitas iklan sepeda motor yamaha sehingga semakin tinggi daya tarik iklan maka akan semakin meningkatkan efektivitas iklan sepeda motor yamaha.Dan efektivitas iklan dipengaruhi oleh variabel penayangan iklan dengan diperoleh koefisien variabel sebesar 0,265 yang menujukan pengaruh positif dan signifikan sebesar 0,000.Dengan demikian dapat dijelaskan bahwa responden menilai frekuensi penayangan iklan yamaha cukup tinggi dengan seringnya iklan muncul pada periode primetime dan dibeberapa stasiun televisi.hal ini menujukan bahwa frekuensi penayangan merupakan salah satu faktor yang menentukan efektivitas iklan sepeda motor yamaha.dengan kata lain frekuensi yang tinggi akan meningkatkan efektivitas iklan sepeda motor yamaha.
Secara simultan dengan menggunakan uji F menujukan bahwa ketiga variabel independen yaitu kualitas pesan (X1) daya tarik iklan (X2) dan frekuensi penayangan (X3) secara bersama -sama mempunyai pengaruh yang signifikan sebesar 0,000 terhadap variabel dependen yaitu efektivitas ikaln (Y).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar