METODE RISET
NAMA : ACHMAD ROMADHONI
KELAS : 3EA17
NPM : 10210090
Analisis Jurnal Tema:
"PENGARUH MOTIVASI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA DI SEMARANG"
Penyusun : Yan Januar Akbar
Tahun Pembuatan : 2010
Latar Belakang
Perkembangan usaha dewasa ini telah diwarnai dengan berbagai macam persaingan di segala bidang.Salah satunya adalah persaingan bisnis yang semakin ketat yang mengakibatkan perubahan perilaku konsumen didalam mengambil keputusan suatu produk, menginggat perkembangan tekhnologi yang makin dinamis, manusia dituntut dengan cepat dan tepat untuk bertindak agar tidak kalah bersaing.
Kondisi yang selalu berubah mengakibatkan para pemasok mengalami kesulitan didalam membentuk dan menciptakan pelanggan yang loyal, perubahan dari kondisi ini juga mengakibatkan terjadinya pergeseran dari perekonomian.persaingan yang sangat ketat juga dapat dilihat dari jumlah perusahaan yang ada dalam industri sepeda motor yan ada di indonesia yang menurut asosiasi sepeda motor indonesia ( AISI), saat ini terdapat 77 perusahaan assembling, manufaktur dan importir sepeda motor di indonesia yang tercatat yaitu HONDA, YAMAHA,SUZUKI,KAWASAKI,KYMCO DAN PIAGGIO, seta 71 perusahan lainya diluar anggota AISI.
Hasil dan Pembahasan
Dalam Periode 2005 sampai dengan 2007 pada kurun waktu tersebut penjualan produk sepeda motor honda berangsur-angsur turun.pada tahun 2006 penjualan sepeda motor honda mengalami penurunan sebesar 308,022 unit dibandingkan dengan tahun 2005, dan pada tahun selanjutnya 2007 penjualan honda juga mengalami penurunan sebesar 199,153 unit dibandingkan dengan tahun 2006 dan mengalami peningkatan penjualan sebesar 733,561 unit ditahun 2008 yang sedikit memberikan nafas lega bagi manajemen speda motor honda.Sedangkan disatu sisi perubahan kompetitor utama honda yaitu yamaha sedang mengalami tern peningkatan penjualan, jika hal ini dibiarkan terjadi maka semakin lama dominasi honda akan runtuh dan digantikan oleh produk yamaha.
Dari lima tahun terakhir honda mampu menjual 52,19% ditahun 2005, 52,85% ditahun 2006, 45,67% ditahun 2007, dan 46,25% ditahun 2008 serta ditahun 2009 sampai bulan agustus 45,68%.selain itu dalam kurun waktu delapan bulan pada tahun 2009 hinda mampu mencatatkan penjualan sebanyak 1.698.558 unit dengan market share 45,68% angka itu lebih besar 0,39% dari penjualan yamaha yang selama ini menjadi rival utamanya.Dalam periode tersebut yamaha motor kencana indonesia (YMKI) yamaha di indonesia hanya mampu menjual sebanyak 1.638.778 unit atau sekitar 45,29%.meskipin begitu selisih penjualan antara honda dan yamaha terbilang sangat tipis sehingga yamaha setiap saat dapat merebit pangsa pasar yang selama ini dimiliki oleh honda.
Sepeda Motor honda berhasil merebut posisi puncak TOP BRAND AWARDS tahun 2008 dan 2009 hasil survey majalah "MARKETING" yang bekerja sama dengan FRONTEL CONSULTING GROUP.dengan syarat top barand index minimum sebesar 10% menjadikan merek honda kategori otomotif sepeda motor berhasil meraih TOPBRAND.
PT.Astra Honda Motor(AHM)merupakan pelopor industri sepeda motor di indonesia.Didirikan 11 Juni 1971 dengan nama awal PT.Federal Motor, yang seharusnya secara mayoritas dimilki oleh PT.Astra Internasional.Seiring dengan perkembangan kondisi ekonomi serta tumbuhnya pasar sepeda motor terjadi perubahan komposisi kepemilikan saham dipabrikan kepada motor honda ini.Pada tahun 2000 PT Federal Motor dan bebrapa anak perusahaan dimerger menjadi satu dengan nama PT.Astra Honda Motor, yang komposisi kepemilikanya menjadi 50% milik PT astra Internasional tbk dan 50 % milik honda Motor Co.Japan.
Msalah yang menjadi dasar penelitian ini adalah adanya pemasaran penjualan sepeda motor honda dalam kurun waktu 2005-2008.Penurunan penjualan ini menunjukan adanya penurunan kepuasan pembelian konsumen pada produk sepeda motor honda.Honda yang sampai tahun 2008 dapat memipin pangsa pasar industri sepeda motor di indonesia mendapat persaingan yang ketat oleh para kompetitornya.bahkan rentang penguasaan speda motor honda dengan pesaingnya terutama yamaha semakin mengecil.
Berdasarkan hasil analisa dan pembahsan yang telah dilakukan,mkada dapt disimpulkan bahwa:
1.Variabel konsumen memiliki pengaruh paling besar terhadap keputusan pembelian oleh konsumen diantara variabel bebas lainya yang diteliti yaiutu sebesar 0,403.kemudian pengaruh sebesar lainya adalah variabel lainya adalah sikap konsumen sebesar 0,283 dan Variabel persepsi kualitas sebesar 0,228.
2.Hipotesis Pertama yang menyatakan bahwa motivasi konsumen berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian sepeda motor honda.
3.Hipotesis Kedua yang menyatakan bahwa persepsi kualitas konsumen berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian sepeda motor honda.
4.Hipotesis Ketiga yang menyatakan bahwa sikap konsumen berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian sepeda motor.
5.Variabel keputusan pembelian dijelaskan oleh variabel motivasi konsumen, persepsi kualitas, dan sikap konsumen sebesar 61,4% sedangkan sisanya 38,6% dijelaskan oleh variabel-variabel atau aspek aspek lainya diluar model.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar